Bpjs prakerja

Mudah dan praktis untuk daftar BPJS ketenagakerjaan tanpa syarat 2021

Pendapatan bulanan

Penghasilan minimum 3 jt per bulan

Rate Pinjaman

Bunga 2.5%

Umur anda

Batas usia paling mini 21 tahun

BPJS Prakerja

Ketahui Semua Tentang BPJS Prakerja Ini!

Pemerintah Republik Indonesia era Joko Widodo mengeluarkan beberapa program untuk masyarakat, salah satunya adalah kartu prakerja. Program buatan pemerintah satu ini menjadi viral dan cukup banyak dibicarakan masyarakat sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2019 hingga tahun 2021 ini. 

Diantara berbagai informasi program kartu prakerja yang viral, keterkaitan antara program ini dengan BPJS Ketenagakerjan dan BPJS kesehatan sempat menarik perhatian. Bahkan beberapa pihak menyingkat menjadi BPJS Prakerja dan sempat ramai dicari di berbagai search engine. Apa saja sih keterkaitan itu? Simak informasi tentang prakerja BPJS Ketenagakerjaan maupun BPJS Kesehatan berikut ini:

  • Sebelum Bahas BPJS Prakerja, Ketahui Dulu Info Kartu Prakerja Ini!

Anda mungkin ingin mencari tahu segala  informasi tentang BPJS Prakerja, mulai dari BPJS Prakerja Go Id, cara daftar BPJS Prakerja, hingga tentang prakerja BPJS Ketenagakerjaan. Namun hal yang pertama perlu diketahui adalah tentang kartu prakerja itu sendiri.

Menurut informasi dari www.kemnaker.go.id, kartu prakerja adalah sebuah program bantuan biaya dan insentif untuk pelatihan bagi pekerja yang dirumahkan, pencari kerja, hingga pelaku usaha mikro dan kecil yang terpaksa kehilangan pekerjaan atau pendapatan lantaran pandemi COVID-19 yang pertama kali muncul di akhir tahun 2019 dan awal tahun 2020 lalu. 

Kehadiran kartu prakerja ini ditujukan agar penerimanya dapat mengembangkan kompetensi kerja. Selanjutnya, kartu pekerja diharapkan dapat meningkatkan produktivitas serta daya saing penerimanya Plus, penerima diharapkan juga dapat mengembangkan potensi kewirausahaan yang ada di sekitar. 

  • Apa Hubungannya dengan BPJS Prakerja?

Anda yang sudah mengetahui lebih jauh tentang program kartu prakerja dari pemerintah Indonesia, kini saatnya tahu lebih jauh mengenai hubungannya dengan BPJS Prakerja. Beberapa waktu lalu sempat viral sebuah berita yang mengatakan bahwa peserta BPJS Ketenagakerjaan yang memiliki No BPJS Ketenagakerjaan tidak bisa menerima Bantuan Subsidi Upah (BSU) apabila yang bersangkutan sudah pernah mendapatkan program kartu prakerja. Sebaliknya, Anda yang sudah mendapatkan Bantuan Subsidi Upah (BSU) juga tidak akan bisa menerima program bantuan kartu prakerja dari pemerintah.

Keputusan mengenai aturan dalam BPJS Prakerja satu ini diatur dalam Pemenaker No 16 tahun 2021 tentang syarat penerima bantuan Subsidi Upah (BSU). Jadi, Anda tidak boleh menjadi penerima bantuan double ya karena bantuan tersebut juga harus dibagi rata. Jangan  coba daftar BPJS Prakerja jika Anda sudah mendapatkan bantuan dari pemerintah yang lainnya karena kemungkinan besar bakalan tidak lolos. 

  • Keterkaitan BPJS Prakerja dan BPJS Kesehatan!

Jika sudah membahas BPJS Prakerja dan keterkaitannya dengan BPJS Ketenagakerjaan, kini ada satu informasi antara program pemerintah satu ini dengan BPJS Kesehatan. Ada sebuah informasi yang sempat tersebar di Media Sosial Facebook yang menyatakan bahwa pemilik BPJS Kesehatan tidak akan bisa lolos dari program kartu prakerja.

Berita ini pertama kali disebarkan oleh akun Facebook bernama Adiiprtm dalam sebuah grup bertajuk Prakerja Gelombang 12. Pada waktu itu disebutkan bahwa ada pertanyaan apakah peserta BPJS Kesehatan tidak pernah lolos kartu prakerja. Pernyataan dari akun Adiiprtm ini dibenarkan oleh akun bernama Aing yang juga menyebabkan bahwa salah satu alasan tidak lolos BPJS Prakerja karena merupakan peserta BPJS Kesehatan.

Pernyataan yang sempat viral ini kemudian diluruskan oleh Louisa Tuhatu yang menjabat sebagai Head of Communications Manajemen Pelaksana Program kartu prakerja. Louisa Tuhatu mengatakan bahwa apa yang viral di sosial media tersebut adalah berita bohong (hoax) dan tidak memiliki dasar sama sekali.

Louisa Tuhatu menyatakan bahwa tidak pernah ada peraturan yang menyebutkan bahwa peserta BPJS Kesehatan dilarang menerima bantuan yang diberikan pemerintah, seperti DTKS, BSU, maupun BPUM. Namun demikian, Anda yang sudah mendapatkan salah satu bantuan maka tidak akan bisa mendapatkan bantuan yang lain (double). Oleh karena itu, dia meminta masyarakat untuk tidak terpengaruh dengan berita tersebut dan dapat mencoba untuk daftar selama namanya masih belum terdaftar sebagai salah satu penerima bantuan.

So, kini Anda sudah tahu hubungn antara BPJS Prakerja tahun 2021 dengan BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan? Anda tidak perlu ragu daftar langsung untuk mendapatkan program kartu prakerja ataupun bantuan subsidi pemerintah lainnya. Semoga informasi ini bermanfaat ya!

Cek bank ini

Kredit handphone iphone

Penawaran khusus hari ini kredit iphone tanpa dp 2021

Pendapatan bulanan

Minimal gaji 4 juta/ bulan

Rate Pinjaman

Bunga 2.4% per bulan

Umur anda

Umur min 25 tahun

Tunaikita

Pinjaman proses cepat tanpa jaminan hanya di Tunaikita 2021

Pendapatan bulanan

Mendapatkan penghasilan paling kecil Rp 2 juta

Rate Pinjaman

Bunga mulai dari 1.59% per bulan

Umur anda

Berusia mulai 21 tahun