Cara mengeCek bpjs ketenagakerjaan yang masih aktif dan cara Cek saldo bpjs secara online 2021

 Cara Mengecek BPJS Ketenagakerjaan

BPJS Ketenagakerjaan (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan)  adalah  sebuah badan hukum yang disediakan pemerintah Indonesia yang bertujuan untuk melindungi tenaga kerja di Indonesia dari risiko sosial ekonomi. Lebih lanjut, pelaksanaan BPJS Ketenagakerjaan ini menggunakan mekanisme asuransi sosial. 

Awalnya layanan ini dinamakan Jamsostek (Jaminan Sosial Tenaga Kerja) dan dikelola oleh PT Jamsostek (Persero). Seiring dengan pergantian pemerintah, Jamsostek diubah namanya menjadi BPJS Ketenagakerjaan pada 1 Januari 2014 dan semakin banyak pesertanya di tahun 2021 ini. 

Nah, apakah Anda merupakan peserta BPJS Ketenagakerjaan dan sedang bingung cara mengecek BPJS Ketenagakerjaan? Jika iya, simak ulasan selengkapnya berikut ini:

  • Cek Saldo BPJS Langsung ke Kantor BPJS Ketenagakerjaan

Cara cek   saldo BPJS Ketenagakerjaan pertama adalah datang langsung ke Kantor BPJS Ketenagakerjaan cabang terdekat. Selanjutnya Anda bisa menemui petugas di loket pelayanan dengan menunjukkan KTP dan Kartu Peserta BPJS Ketenagakerjaan Anda. Mudah bukan cara mengecek BPJS Ketenagakerjaan satu ini? 

  • Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Lewat  Website Resmi BPJSTK

Cara mengecek BPJS Ketenagakerjaan yang lain adalah melalui website resmi BPJS Ketenagakerjaan itu sendiri. Langkah ini terbilang praktis karena Anda tak perlu keluar rumah hanya untuk cek saldo BPJS . Anda hanya perlu menyiapkan laptop ataupun komputer di rumah, kemudian masuk ke laman resmi BPJS Ketenagakerjaan. Masukkan informasi yang diminta, voila Anda sudah bisa mengetahui informasi BPJS Ketenagakerjaan yang diinginkan.  

  • Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui Aplikasi BPJSTKU

Selain website, Anda pun bisa melakukan cek saldo BPJS Ketenagakerjaan dengan aplikasi BPJSTKU. Dengan aplikasi BPJSTKU ini, sama mudahnya kok dengan cek saldo BPJS melalui website. Pastikan Anda memiliki koneksi internet, kemudian mengunduh aplikasi BPJSTKU. Anda hanya perlu login dan informasi yang diinginkan bisa ditampilkan begitu masuk laman profil Anda. Hmm, cara mengecek saldo BPJS ini sangat praktis bukan? 

  • Cara mengecek BPJS Ketenagakerjaan aktif atau tidak

Untuk Anda yang penasaran cara cek BPJS Ketenagakerjaan aktif atau tidak, Anda bisa mengeceknya dengan langkah-langkah berikut :  

  1. Pertama, unduh aplikasi BPJSTK Mobile lalu lakukan registrasi, dengan cara memasukkan nomor kartu BPJS, dan isian lainnya. 
  2. Anda akan menerima PIN dan bisa langsung login menggunakan email yang telah didaftarkan sebelumnya. 
  3. Di halaman utama aplikasi terdapat menu saldo JHT, klik saja dan nantinya di layar handphone akan muncul tanda centang sebagai tanda bahwa status BPJS Ketenagakerjaan Anda masih aktif. Sebaliknya, jika tidak terdapat tanda centang berarti status Anda sudah tidak aktif lagi. Cukup mudah bukan? 

Pihak BPJS Ketenagakerjaan  sepertinya menyadari bahwa peserta layanannya terdiri dari berbagai lapisan umur, sehingga menyediakan banyak alternatif sebagai cara mengecek BPJS Ketenagakerjaan. Bagi anda yang berusia muda tentu lebih memilih cara mengecek BPJS Ketenagakerjaan secara online melalui aplikasi atau website, namun untuk para karyawan dari usia lanjut tentu saja opsi datang langsung ke kantor lebih banyak dipilih meski sedikit memakan waktu. Pilihan kembali pada masing-masing individu, mana yang dirasa mudah untuk mengetahui cara mengecek BPJS Ketenagakerjaan.

Sasaran dari program BPJS Ketenagakerjaan  adalah tenaga kerja baik pegawai sipil maupun pegawai swasta di Indonesia. Sebagai program wajib pemerintah, pemerintah telah menghimbau perusahaan untuk  ikut serta mendaftarkan karyawannya ke dalam program ini sehingga para karyawan bisa mendapatkan kesejahteraan seperti tujuan awal dari BPJS Ketenagakerjaan.

Anda yang menjadi salah satu bagian BPJS Ketenagakerjaan bisa turut merasakan manfaatnya lho, seperti: 

  1. Jaminan kecelakaan kerja (JKK) – Manfaat dari BPJS Ketenagakerjaan pertama adalah menjamin karyawan yang terdaftar mendapat pelayanan kesehatan serta santunan jika menderita sakit atau mengalami kecelakaan di tempat kerja. 
  2. Jaminan hari tua (JHT) – Manfaat selanjutnya berupa jaminan yang dapat diterima setelah karyawan memasuki usia pensiun. Dengan program ini  pegawai akan mendapat uang tunai setelah selesainya masa kerja atau setelah meninggal dunia. Meski belum sampai di usia tua, anda bisa lho mengetahui cara mengecek BPJS Ketenagakerjaan yang akan dibahas di bagian tengah artikel ini. 
  3. Jaminan pensiun – Jaminan pensiun karyawan akan dibayarkan selama per bulan maksimal hingga 180 bulan sejak masa kerja selesai. Fungsinya untuk menjamin karyawan memiliki hidup yang layak setelah penghasilannya berkurang.  Dana pensiun ini jika bisa diwariskan ke anak karyawan bila telah meninggal dunia.
  4. Jaminan kematian (JKM) – Karyawan akan diberi  bantuan dana jika meninggal dan bukan karena kecelakaan kerja. Adapun yang aakan menerima adalah ahli waris dari peserta BPJS Ketenagakerjaan. 

Well, semoga informasi tentang cara mengecek BPJS Ketenagakerjaan tersebut membuat Anda tidak kebingungan lagi. Semoga bermanfaat.