Home / Pendidikan / KONFERENSI PERS “Terkait Pernyataan Sikap Majelis Dikdasmen Muhammadiyah Tentang Program Organisasi Penggerak Kemdikbud”

KONFERENSI PERS “Terkait Pernyataan Sikap Majelis Dikdasmen Muhammadiyah Tentang Program Organisasi Penggerak Kemdikbud”

Kabarindotimur.id-Pada Rabu,Jakarta,22 Juli 2020 bertempat di ruang rapat Lt. 2 Kantor PP Muhammadiyah Jakarta, Jl. Menteng Raya No. 62 Jakarta Pusat. Konferensi Pers “Terkait Pernyataan Sikap Majelis Dikdasmen Muhammadiyah Tentang Program Organisasi Penggerak Kemdikbud”.

Program Organisasi Penggerak merupakan program serius dalam peningkatan kualitas Pendidikan dan penguatan Sumber Daya Manusia terutama para aktor-aktor Pendidikan.

Melihat permasalahan dan tantangan serta harapan masa depan pendidikan di Indonesia, sebagai salah satu garda terdepan bangsa melalui Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Pusat Muhammadiyah terpanggil ikut bersama dalam mewujudkan perubahan pendidikan tersebut dengan melatih kepala sekolah dan guru penggerak mewujudkan perubahan pendidikan.

Setelah mengikuti proses dalam program organisasi penggerak Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemdikbud RI, maka dengan ini menyatakan mundur dalam keikutsertaan program tersebut. Terkait Pernyataan Sikap Majelis Dikdasmen Muhammadiyah Tentang Program Organisasi Penggerak Kemdikbud.

Adapun Pemberitahuan Hasil Evaluasi Proposal POP Penanggungjawab Calon Organisasi Penggerak di tempat.
Menindaklanjuti pelaksanaan kebijakan ngram Organisasi Penggerak (POP) yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi Pcndidik dan Tenaga Kependidikan dengan melibatkan peran serta Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) bidang pendidikan, dengan ini kami sampaikan bahwa telah dilakukan proses evaluasi terhadap Ormas yang telah mengajukan profll Ormas dan proposal POP.

Proses evaluasi tersebut terdiri atas evaluasi administrasi, evaluasi teknis substantif, evaluasi pembiayaan, dan veriflkasi.Evaluasi administrasi dilakukan oleh Tim
Veriflkasi Administrasi, sedangkan evaluasi teknis substantif, evaluasi pembiayaan, dan verifikasi dilakukan oleh Tim Independen.

Sehubungan dengan hal tersebut di atas, dengan hormat kami sampaikan beberapa hal terkait
proses evaluasi sebagai berikut. Evaluasi administrasi dilakukan kepada Ormas yang telah mengajukan prom dan proposal

1. POP dengan cara melakukan veriflkasi kelengkapan dan kebenaran data persyaratan administrasi yang diajukan oleh Ormas melalui laman. Sejumlah 324 proposal dari 260 Ormas dinyatakan lolos evaluasi administrasi untuk dilanjutkan ke proses evaluasi teknis substantif. Evaluasi teknis substantif dan pembiayaan dilakukan kepada Ormas yang lolos evaluasi

2. Administrasi dengan cara menilai aspek rekam jejak organisasi dan penanggungjawab program; substansi proposal yaitu teori perubahan dan program yang diusulkan, metodologi penilaian keberhasilan program, bukti kesuksesan program terkait bidang literasi, numerasi dan/atau karakter, serta melihat kesesuaian pembiayaan dengan rencana kegiatan yang akan dilakukan dengan mempertimbangkan rasionalitas, efisiensi, dan cakupan penerima manfaat.Dari 324 proposal yang dilakukan evaluasi teknis, sejumlah 231 proposal dari 188 Ormas lolos evaluasi teknis substantif untuk dilanjutkan ke proses verifikasi.Verifikasi dilakukan kepada Ormas yang lolos evaluasi teknis substantif dan pembiayaan

3. Dengan cara mengunjungi/visitasi ke alamat Ormas yang dicantumkan dalam proposal untuk memastikan dan membuktikan informasi yang dituliskan dalam proposal dengan kondisi sebenamya. Dari 231 proposal yang diveriflkasi, sejumlah 183 proposal dari 156 Ormas dinyatakan lolos veriflkasi. Proses evaluasi tersebut memakan waktu cukup panjang karena terkendala dengan adanya
kondisi pandemi Covid-l9 dan pemerintah mengeluarkan kebijakan protokol kesehatan dan
Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Dari hasil evaluasi di atas diperoleh 183 proposal dari 156 Ormas dinyatakan memenuhi kriteria untuk melaksanakan program peningkatan kompetensi Pendidik dan Tenaga Kependidikan dengan menggunakan dana bantuan pemerintah. Keputusan hasil seleksi akhir tersebut dapat dilihat oleh masing-masing Ormas

Kepada Ormas yang lolos kami mengucapkan selamat dapat berkesempatan bekerjasama dengan kami untuk melaksanakan program peningkatan kompetensi Pendidik dan Tenaga Kependidikan sesuai proposal yang telah diajukan.

Kepada Ormas yang tidak lolos kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas partisipasi dalam mengikuti POP tahun 2020. Apabila Saudara masih memerlukan informasi lebih lanjut dapat bertanya melalui Forum Bantuan yang tersedia pada aplikasi.

About admin

Check Also

UNTUK PERTAMA KALINYA BAZAR BUKU BIG BAD WOLF HADIR BERSAMA TOKOPEDIA DI INDONESIA

Mencerdaskan bangsa dengan lebih mudah, Bazar Buku Big Bad Wolf hadir menawarkan buku-buku internasional yang …