Home / Berita Militer / Warga Makostrad Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 H/2019 M

Warga Makostrad Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 H/2019 M

(Penkostrad. Selasa, 12 Nopember 2019). Segenap prajurit dan PNS yang beragama Islam Markas Kostrad memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 H/2019 M bertempat di Masjid Asy Syuhada Makostrad, Jakarta Pusat, Selasa (12/11).

Tema yang diangkat pada peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 1441 Hijriyah kali ini, yaitu : “Dengan Hikmah Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 H/2019 M Kita Implementasikan Akhlak Mulia Dalam Kehidupan Sehari-hari Guna Mewujudkan Prajurit dan PNS TNI AD Profesional Kebanggaan Rakyat”.

Dalam amanat Panglima Kostrad, yang dibacakan Kepala Staf Kostrad Mayor Jenderal TNI M. Bambang Taufik, menyampaikan “Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW sebagai media untuk Introspeksi diri. Sejauh mana kita telah menjalankan ajaran-ajaran yang diwahyukan kepada beliau dan meneladani kepribadiannya, ketauladanan Rasulullah perlu kita padukan dengan pedoman dasar yang kita miliki, baik sebagai pemimpin, abdi Negara maupun sebagai anggota masyarakat. Sehingga sikap, tutur kata dan tindakan kita, senantiasa sesuai dengan kepribadian Nabi Muhammad SAW”.

“Pada bulan Rabi’ul Awal, ada tiga peristiwa yang menjadi sejarah perjalanan Nabi Muhammad SAW dalam menyiarkan agama Islam. Ketiga peristiwa besar tersebut adalah ; Pertama, Maulid (Hari Lahirnya) Nabi Muhammad SAW di Makkah pada hari Senin 12 Rabiul Awal pada tahun Gajah. Kelahiran Nabi Muhammad SAW adalah kelahiran seseorang yang kelak mempunyai banyak keistimewaan di dunia dan akhirat dalam segala aspeknya”, tambahnya.

Kemudian yang Kedua, Hijrahnya Nabi Muhammad SAW. Bulan Muharram memang ditetapkan sebagai awal perhitungan tahun Hijriyah. Tapi hijrahnya Nabi Muhammad SAW sendiri tidak terjadi pada bulan Muharram, melainkan pada bulan Rabi’ul Awal. Nabi Muhammad SAW mulai berhijrah meninggalkan Makkah (Gua Tsur) pada malam 1 Rabi’ul Awal tahun 1 Hijriyah, selanjutnya memasuki Madinah tanggal 12 Rabi’ul Awal tahun 1 Hijriyah.

Dan yang Ketiga, wafatnya Nabi Muhammad SAW. Rosululloh wafat hari Senin tanggal 12 Rab’iul Awal tahun 11 Hijriyah. Walhasil, pada bulan Rabi’ul Awal tepatnya pada tanggal 12 Rabi’ul Awal telah terjadi tiga peristiwa besar. Ketiganya wajib kita pahami dan kita jadikan sebagai sumber semangat pengabdian di masa sekarang.

Acara dimulai dengan pembacaan ayat suci Al Quran dan Saritilawah kemudian dilanjutkan siraman rohani yang disampaikan oleh Bapak Ustadz Umar Abu Bakar, S.Pd.I., Pengasuh Majelis Taklim Barkatul Hawi dan Majelis Taklim Ahbaabussyubaan, Cililitan Jaktim.

Hadir pada acara tersebut, Ir kostrad Brigjen TNI Dedy Kusmayadi, Koorsahli, para Pamen Ahli, Asren Kostrad, para Asisten Kaskostrad dan Kabalak Kostrad serta Wakil Ketua Persit Kartika Chandra Kirana PG Kostrad beserta Wakil Ketua dan para pengurus.

 

About admin

Check Also

Anggota Koramil 0802/09 Balong Dan Warga Kerja Bakti Pembersihan Pohon Tumbang Akibat Hujan Disertai Angin Kencang

Ponorogo,- Hujan deras disertai angin kencang yang terjadi tadi malam di Desa Balong dan Desa …