Home / Berita Militer / KRI TELUK AMBOINA 503 ANGKUT MATERIAL MARINIR DUKUNG HUT KORPS MARINIR 2019

KRI TELUK AMBOINA 503 ANGKUT MATERIAL MARINIR DUKUNG HUT KORPS MARINIR 2019

Jakarta, 11 November 2019 – Salah satu unsur Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) KRI Teluk Amboina 503 yang mendukung operasi Rakata Jaya melaksanakan debarkasi material dan perlengkapan Kendaraan tempur Marinir, Senin (11/11) di Dermaga Koarmada II Surabaya. Komandan KRI Teluk Amboina 503 Letkol Laut (P) Wishnu Ardiansyah, M.Tr (Hanla) mengatakan, kapal dalam keadaan siap dan seluruh anak buah kapal siap mendukung operasi angkutan laut militer.
Sebelumnya KRI Teluk Amboina 503 mengangkut 17 personel marinir, Ranpur BTR, Rantis Hilux Denjaka, Rantis ford ranger Taifib dan perlengkapan personel lainnya berangkat dari Jakarta yang akan mengikuti peringatan HUT Korps Marinir 15 November mendatang di Surabaya.
Dan saat ini KRI Teluk Amboina 503 berada dalam kendali operasi Armada 1 untuk melaksanakan tugas operasi Rakata Jaya. Operasi Rakata Jaya merupakan Operasi Keamanan Laut Terbatas yang digelar secara berkelanjutan setiap tahun guna mencegah sejak dini terhadap tindak pelanggaran hukum di laut.
Panglima Komando Lintas Laut Militer Laksma TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E., M.M. menjelaskan bahwa dukungan kapal – kapal perang Kolinlamil dalam berbagai tugas operasi merupakan bagian dari pelaksanaan tugas pokok Kolinlamil dalam menyelenggarakan angkutan laut militer.
Selain itu kapal perang Kolinlamil juga mengemban misi polisionil untuk menjaga keamanan laut. Persepsi TNI Angkatan Laut tentang keamanan laut adalah Laut bebas dari ancaman kekerasan (pembajakan, perampokan, sabotase obyek vital, bahaya ranjau dan teror), Laut bebas dari ancaman navigasi (sarana navigasi yang memadai); Laut bebas dari ancaman terhadap sumber daya laut (pencemaran dan perusakan ekosistem laut); dan Laut bebas dari ancaman pelanggaran hukum (illegal fishing, illegal logging, migran dan penyelundupan). Selain tugas-tugas tersebut, Kolinlamil juga berperan aktif dalam mendukung operasi bakti kemanusiaan, penanggulangan bencana dan SAR. (Dispen Kolinlamil)

About admin

Check Also

Anggota Koramil 0802/09 Balong Dan Warga Kerja Bakti Pembersihan Pohon Tumbang Akibat Hujan Disertai Angin Kencang

Ponorogo,- Hujan deras disertai angin kencang yang terjadi tadi malam di Desa Balong dan Desa …